Manfaat dan sifat dari ilmu bagi manusia

Hai sob...
Ketemu lagi dengan saya...
Kebetulan sekarang saya memiliki waktu luang untuk menulis artikel tentang Manfaat ilmu dan sifat dari ilmu bagi manusia.


Banyak sekali orang yang memiliki rasa ingin tau tentang ilmu. Mengapa demikian?, karena ilmu itu dapat memberikan kita semakin pandai sama juga dengan halnya kita yang tidak tahu bisa menjadi tahu dan yang tidak mengerti menjadi mengerti. Tetapi terkadang ada juga orang yang cenderung berfikir negatif tentang ilmu, saya kasih tau contohnya:

1. Sebagian orang memikirkan ilmu itu tidak berguna
Padahal jika kita bandingkan ilmu dengan harta, ilmu itu lebih bermanfaat bagi kita daripada harta. Karena harta itu bisa juga hilang atas kehendak ALLAH, sedangkan ilmu bisa kita gunakan kelak diakhirat nanti. Tetapi kebanyakan orang lebih memikirkan harta daripada ilmu. Kita boleh memikirkan harta, tetapi jangan terlalu berlebih lebihan, karena kita bisa lupa akan ilmu dan ALLAH SWT. Dibawah ini adalah gambaran renungan tentang ilmu
 

 2. Ilmu itu biasa biasa saja
Perlu diketahui, ilmu itu sangat berguna bagi kita. Meskipun sulit untuk mendapatkannya, kita harus  berusaha secara sungguh sungguh untuk mendapatkan ilmu sebaik mungkin. Kita sebagai manusia memiliki akal yang cerdas, maka dari itu gunakanlah akal kita sebaik baik mungkin dengan mengisi ilmu yang bermanfaat.

Oke, saya hanya bisa memberi contoh sedikit tentang orang yang biasanya berfikir negatif tentang ilmu. Sebelum saya lanjut mengenai artikel utama tentang Manfaat dan sifat dari ilmu bagi manusia, saya akan menjelaskan terlebih dahulu secara singkat tentang ilmu. Silahkan baca dengan teliti:

Ilmu, sains, atau ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Ilmu sangat mudah didapatkan jika mau belajar dengan tekun, rajin, disiplin, dll.

Ilmu bukan hanya sekedar pengetahuan, melainkan merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori teori yang disepakati dan dapat secara sistematik diuji dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang ilmu tertentu.

Dibawah ini adalah pertanyaan pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh semua orang diantaranya:
1. Kenapa sih ilmu itu sulit untuk didapatkan?
Enggak sulit kok kawan.... Tenang aja. Ilmu itu sulit untuk didapatkan jika kita tidak mau belajar dan ilmu itu mudah didapatkan, kunci utamanya adalah anda harus belajar yang rajin. Ini adalah kunci yang paling utama untuk mendapatkan ilmu.

2. Lalu, kenapa kita kok lupa setelah belajar untuk mendapatkan ilmu? 
Ya..., namanya juga manusia mesti sewajarnya kita juga lupa dalam belajar. Mengapa demikian, karena setelah belajar jangan langsung menonton tv, bermain komputer atau bermain game. Seperti ibaratnya dengan buku 1, nah anggep aja buku 1 itu adalah hasil belajar kita yang masuk dalam otak kita. Setelah kita menonton tv akan muncul buku 2, anggep aja buku 2 itu hasil saat kita menonton tv dan masuk dalam otak kita. Jika anda tidak menonton tv maka buku 2 tersebut tidak akan muncul. Kemungkinan buku 1 itu terletak di bawah setelah anda menonton tv dan buku 2 terletak diatasnya. Jadi kesimpulannya adalah setelah kita belajar, lalu kita menonton tv maka kemungkinan besar kita akan lupa pelajaran yang telah masuk dalam otak kita, maka dari itu lakukanlah hal hal yang sangat anda inginkan terlebih dahulu sebelum anda belajar, insyaallah kita tidak akan lupa lagi saat belajar. Nah seperti itulah kawan ibaratnya.

3. Apakah ilmu itu juga membutuhkan modal?
Semua usaha kita itu membutuhkan modal, tidak ada yang tidak membutuhkan modal. Baik modal bisa berupa uang, naluri, kesabaran, minat yang besar, maupun pikiran kita, dll. Sebagai contoh tentang ilmu, modal dari ilmu bisa berupa uang untuk membeli buku bisa juga berupa otak kita untuk menyimpan ilmu dan lain sebagainya yang berkaitan dengan ilmu. Jadi jawabannya adalah ya.

4. Apa yang hendak dilakukan setelah kita belajar untuk mendapatkan ilmu?
Setelah belajar ada baiknya juga jika kita membantu orang tua dengan membantu menyiram tanaman, menyapu, dll. Lalu kita belajar lagi untuk mengulangi kembali pelajaran yang telah kita pelajari dan jangan sekali kali anda bermain game, komputer atau menonton tv setelah belajar. Sebaiknya kita boleh menonton tv, bermain game atau komputer pada saat ada waktu longgar untuk refreshing.

Gimana sob?
Sudahkah anda membaca dengan teliti semua penjelasan diatas mengenai ilmu?
Oke... kalau sudah silahkan anda lewati paragraf ini dan menuju ke paragraf selanjutnya. Jika anda belum membaca silahkan baca dengan teliti penjelasan diatas mengenai ilmu, karena sebagian besar penjelasan diatas ada juga yang sangat penting bagi anda. Jika perlu silahkan jika anda mau meninggalkan blog ini yang malas membaca ;D.

Sekarang saya akan langsung melanjutkan penjelasan mengenai artikel utama yaitu Manfaat dan sifat dari ilmu bagi manusia sebelum saya nanti dimarahin oleh pengunjung :D. Silahkan baca dibawah ini dengan teliti.
Tolong lihat dibawah ini tentang sifat dari ilmu:

#Ilmu bisa disimpan dalam otak kita
Walaupun ilmu sangat bermanfaat bagi kita, sifat dari ilmu itu adalah ilmu bisa disimpan dalam otak kita

#Ilmu tidak dapat diuangkan
Selain ilmu dapat disimpan dalam otak kita, sifat yang kedua ini adalah ilmu tidak dapat diuangkan.

#Ilmu tidak bisa dilihat
Perlu anda ketahui, ilmu itu tidak bisa dilihat walaupun ilmu yang sudah anda dapatkan sudah masuk dalam otak kita atau belum. Hanya ALLAH saja yang mengerti. Karena ALLAH bersifat maha melihat (Al-Basir).

#Ilmu dapat disebar luaskan
Coba bayangkan, tumbuhan jagung yang kecil. Dalam waktu beberapa bulan tumbuhan jagung tersebut tumbuh semakin lebat seperti halnya ilmu, jika kita menyebarkan ilmu kita kepada orang lain maka ilmu kita akan semakin tinggi. Tidak ada ruginya jika anda terus menyebarkan ilmu anda kepada orang lain maka anda akan mendapatkan keuntungan.

Keuntungan yang anda peroleh dalam menyebarkan ilmu anda kepada orang lain adalah kita akan semakin lebih pintar. Jika kita pelit dalam menyebarkan ilmu, maka kita akan tidak disukai orang lain. Usahakan bagi anda yang memiliki ilmu tinggi jangan sampai pelit dalam menyebarkan ilmu anda sendiri

Sekarang saya akan menjelaskan tentang apa sih manfaat ilmu itu? Silahkan lihat dibawah ini:
#Sebagai bekal masa depan anda
Tugas seorang pelajar adalah belajar untuk bekal masa depan anda. Usahakan bagi anda jangan sampai anda mengisi waktu luang anda yang tidak bermanfaat, terutama bagi yang masih jadi pelajar seperti bermain game, melihat film, dll. Itu semua tinggalkan karena tidak ada manfaatnya.

masih ingin belajar cepat agar mudah paham?, klik aja artikel dibawah ini
8 Tips belajar yang cepat agar mudah paham

#Dapat menjadikan anda semakin jenius
Jika anda ingin dikatakan sebagai orang jenius maka anda harus meningkatkan semangat belajar anda, maka anda akan mendapatkan ilmu.

#Meninggikan derajat manusia
Perlu anda ketahui, ilmu itu berperan penting bagi kita, maka sebaiknya kita mencari ilmu sebanyak banyaknya senantiasa ALLAH meninggikan derajat kita.

#Dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah 
Taukah anda bahwa pentingnya ilmu bagi kita. Ilmu dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Kita tidak akan bisa terperangkap dalam perbuatan yang salah, kita bisa berpikir dengan otak kita bahwa kita bisa membedakan yang benar maupun yang salah dengan menggunakan ilmu. Karena betapa besarnya pentingnya ilmu bagi kita semua.

Walaupun artikel diatas belum sepenuhnya membantu anda, anda harus bersyukur kepada yang maha Kuasa karena telah diberi ilmu yang sangat banyak oleh sang kuasa. Maaf jika artikel diatas menyinggung perasaan anda saya mohon maaf.

TERIMA KASIH.....

0 Komentar

Post a Comment