Cara membuat disclaimer untuk blogger atau website

Hai sob...
Ketemu lagi dengan saya...

Pada hari ini tepatnya hari sabtu, saya akan menjelaskan artikel tentang "Cara membuat disclaimer untuk blogger atau website". Untuk anda yang masih belum mengerti tentang pengertian dari disclaimer, saya akan menjelaskan pengertian disclaimer secara detail atau ringkas dan jelas agar anda jauh lebih paham tentang pengertian disclaimer sebelum anda membuat disclaimer dan tidak tahu pengertiannya.

Sebelumnya dulu saya pernah membuat artikel yang berkaitan dengan kebijakan dan aturan aturan tertentu. Kebijakan dan aturan aturan tertentu itu dibilang cukup mudah baik cara pemasangannya maupun cara pembuatannya. Kebijakan dan aturan tertentu yang saya jelaskan itu diantaranya Privacy Policy dan Terms Of Service.

Disclaimer sangat penting untuk para kalangan blogger, diantaranya bagi para penulis blogger yang sudah berpengalaman atau profesional. Tujuan para blogger memasang disclaimer adalah agar tampilan blognya tampak terlihat profesional. Disclaimer itu pun dapat dijadikan sebagai pokok pemecah permasalahan yang dihadapi oleh para pemilik blogger atau website itu. Sebagian besar orang berpikir disclaimer itu tidak penting untuk dipasang, padahal dalam sebuah website atau blogger disarankan untuk menggunakan kebijakan dan aturan aturan pengguna situs. Kebijakan ini dituangkan pada halaman privacy policy, terms of service, disclaimer, dll. Dan pada halaman disclaimer itu berisi dokumen yang menjelaskan tentang persetujuan antara kita dan pengunjung saat mereka mengakses website atau blog kita.


Apa itu Disclaimer?
Disclaimer merupakan kata yang berbentuk bahasa inggris dan artinya adalah penolakan. Didalam halaman disclaimer yang juga semuanya berasal dari kata kata bahasa inggris. Sesuai namanya disclaimer adalah aturan aturan serta peraturan pada suatu halaman website atau situs situs yang diberikan pihak auditor terkait dengan hal hal yang ada pada website atau situs tersebut, dan merupakan perlindungan bagi pemiliknya.

Apa fungsi dari disclaimer?
Fungsi disclaimer sangat penting untuk anda yaitu dapat melindungi blog anda atau website anda dari kesalahan hukum yang diperbuat oleh pengunjung. Misalnya pengunjung melakukan pelanggaran yang bertentangan dengan undang undang. Jadi secara hukum anda tidak harus bertanggung jawab atas pelanggaran yang diperbuat oleh pengunjung saat melakukan pelanggaran yang bertentangan dengan undang undang. Itulah fungsi dari disclaimer.

Bagaimana cara membuat disclaimer?
Saat pembuatan disclaimer, anda tidak perlu membuatnya dengan tangan sendiri melainkan dengan web tool internet, caranya hampir sama seperti privacy policy cuma ada sedikit perbedaan dari caranya. Cara pembuatan disclaimer sangat mudah kok untuk anda buat, tinggal anda mau mengikuti langkah langkah dibawah ini dengan benar.

Tahap Pertama: Memasuki situs Privacy Policy Online
  • Untuk pertama kalinya sebelum anda membuat disclaimer, perlunya anda masuk ke situs Privacy Policy Online terlebih dahulu dengan cara Klik Disini
  • Untuk memudahkan membuat disclaimer, gunakan komputer atau laptop anda

Tahap Kedua: Klik Disclaimer Generator 
  • Untuk memudahkan dalam pembuatan discalimer, silahkan anda klik Disclaimer Generator yang ada di pojok kanan atas dan terlihat pada gambar diatas

Tahap Ketiga: Silahkan isi form Disclaimer Generator yang sesuai dengan isi blog atau website anda sendiri
  • Isikan form pada Disclaimer Generator dengan benar
  • Your Site Title isi dengan judul blog atau website anda
  • Your Site URL isi dengan alamat blog atau website anda
  • Contact Link isi dengan alamat url blog atau website yang ingin anda gunakan sebagai titik acuan dalam copy paste setelah anda membuat privacy policy
  • Email Address isi dengan alamat email anda, saya sarankan untuk anda yang menggunakan blogger silahkan gunakan alamat email gmail yang telah anda gunakan untuk konfirmasi pada blogger. Untuk pengguna website lain selain blog anda bisa isi dengan menggunakan alamat email yahoo bisa juga dengan alamat email gmail. (misal: nama_email_kamu@gmail.com), atau (misal: nama_email_kamu@yahoo.com)
  • Pada kolom Email Encryption silahkan anda pilih Encrypt Email

Tahap Keempat: Silahkan klik Generate Discalimer
 
  • Untuk selanjutnya anda klik Generate Disclaimer
  • Tujuannya adalah untuk memudah kan anda dalam melakukan copas atau copy paste

Tahap Kelima: Selesai dan akan muncul tampilan kode HTML, seperti gambar dibawah ini
  • Setelah itu copy semua HTML disclaimer yang telah berhasil anda buat
  • selesai, dan sekarang kita lanjut cara pemasangannya


Bagaimana cara memasang disclaimer?
Pemasangan disclaimer pun juga cukup mudah kok, bagi anda yang belum tahu cara pemasangan disclaimer silahkan anda lihat langkah langkah dibawah ini dengan teliti.

Langkah Pertama: Pastikan anda sudah memiliki hasil copy-an HTML tadi yang telah berhasil anda buat

Langkah Kedua: Masuk ke www.blogger.com dan akan terlihat pada gambar dibawah ini

Langkah Ketiga: Silahkan klik tanda anak panah dan langsung klik laman, untuk lebih jelas silahkan anda lihat gambar dibawah ini

Langkah Keempat: Klik buat Entri Baru yang tersedia dilaman Blog

Langkah Kelima: Selanjutnya klik HTML

Langkah Keenam: Kemudian paste hasil copy-an anda tadi, untuk lebih jelas silahkan anda lihat gambar dibawah ini

Langkah Ketujuh: Selesai dan terakhir silahkan anda klik publikasi, dan lihat hasilnya



Penutup...
Demikian artikel ini telah selesai saya buat dan tidak ada halangan sedikit apapun. Apabila ada salah kata saya mohon maaf yang sebesar besarnya, silahkan anda berkomentar jika ada hal hal yang tidak diketahui. Tolong di like ya!!! :). Terima Kasih.

0 Komentar

Post a Comment