Bahaya! Jangan Sampai Anda Mengantuk Saat Menyetir Mobil

Pada hari ini saya akan mem-posting artikel tentang Bahaya! Jangan Sampai Anda Mengantuk Saat Menyetir Mobil - Pernahkah anda melihat seseorang atau bahkan diri anda yang sedang menyetir mobil dan kemudian mengantuk? Apa yang terjadi ketika menyetir mobil kemudian anda mengantuk?, mari simak bacaan di bawah ini.

Pada saat menyetir mobil, kita diperlukan kefokusan pada jalan, dan sabar dalam menghadapi berbagai masalah seperti tempat yang dituju sangat lama, dan bisa juga tidak bisa menyetir mobil dengan tujuan ingin sekali menyetir mobil dengan cara tidak belajar.

Jika hal itu kita remehkan maka, kita akan terkena akibatnya. Akibatnya sangat sekali berbahaya bagi kita, terutama bagi kesehatan anda yaitu dapat kehilangan nyawa atau mengakibatkan kematian. Jadi hindarilah kantuk saat anda menyetir mobil. Ada hal hal yang ingin saya sampaikan, yaitu berdasarkan pengalaman saya saat melihat orang mengantuk saat menyetir mobil.

  • Saya melihat ada orang yang menyetir mobil khususnya di daerah Jl.Raya Pilangkenceng dekat Caruban pada hari Minggu tanggal 7 Februari 2016 jam 04:00 pagi orang tersebut ngantuk saat menyetir mobil. Tetapi dari waktu ke waktu orang tersebut hampir saja menabrak pohon yang ada disampingnya karena mobilnya berbelok ke kiri sedikit. Istilahnya seperti orangnya sedang memegang setir dan mengantuk tanpa disadari mobil itu berbelok ke kiri sedikit.
  • Didaerah Sragen khususnya pada pukul 06:25 pagi, hari Minggu lagi seperti biasa tanggal 7 Februari 2016 ada orang yang mengantuk yang sedang mengemudi mobil, orang tersebut ingin menyelip mobil yang ada di depannya dengan mengambil lajur kanan. Tanpa disadari di depan lajur kanan ada sebuah truk yang sedang berjalan, dan mobilnya tidak terkendali, penyetirnya baru sadar dan akhirnya menabrak pohon yang ada di depannya, kemudian orang tersebut dinaikkan ke mobil angkut, entah orang itu ingin dibawa kemana.

Sungguh sangat berbahaya sekali akibat dari kantuk saat menyetir mobil, hal terbaik yang harus anda lakukan adalah cobalah untuk beristirahat atau mampir di pom bensin dan pejamkan mata anda lalu tidur sejenak selama kantuk anda hilang. Jika hal ini anda paksakan meski tujuannya sudah dekat maka kemungkinan kematian sudah ada di depan anda.

Hal hal yang menjadi penyebab rasa kantuk saat berada di mobil
Saat berada di mobil pasti kalian pernah merasa yang namanya ngantuk, ini bisa dikaitkan dengan cara tidur yang kurang efektif. Tidur maksimal kurang lebih 7-9 jam, mungkin anda belum memenuhi syarat jam tidur atau bisa juga tidur yang tidak teratur. Jadi faktor utama setelah anda tidur sudah sepenuhnya memenuhi syarat jam tidur tetapi masih saja ngantuk saat berada di mobil adalah:

1. Jalan yang lurus
Jalan yang lurus dapat menjadi penyebab munculnya rasa kantuk, kemungkinan dalam waktu yang cukup lama niscaya kamu akan merasa ngantuk saat berada di dalam mobil. Dengan hal ini, agar sopir mobil tidak ngantuk yaitu dengan mengajak ngobrol. Tetapi saat ngobrol jangan terlalu asyik, usahakan kalau bisa yang serius agar tidak terlihat ngantuk.

2. Getaran yang tidak begitu hebat
Getaran dalam mobil ibarat menina bobokkan anda. Getaran yang tidak begitu hebat seperti getarannya sedikit dapat membuat kantuk menyerang anda. Jika getaran banyak maka otomatis orang tersebut tidak jadi kantuk, karena cenderung akan berpikiran rasa ketakutan.

3. AC dalam mobil
Alat pendingin mobil seperti AC dapat meningkatkan rasa kantuk yang sangat luar biasa. Semakin dingin ruangan mobil maka semakin tinggi rasa kantuk yang menyerang anda. Karena dapat menyejukkan mata sehingga mata kita sudah tidak kuat lagi untuk menahan rasa kantuk.

4. Suara monoton
Istilah suara monoton adalah suara mesin, semua kendaraan pasti memiliki mesin. Diantaranya kendaraan beroda 4 seperti mobil. Suara mesin mobil yang berdering juga dapat menyebabkan rasa kantuk datang, karena seseorang yang berada di dalamnya akan terasa lebih nikmat seperti mendengarkan musik sambil merasakan enaknya pijatan rileks.

Cara mengatasi agar tidak ngantuk saat mengemudi mobil
Saat berkendara, kita bingung bagaimana cara mengatasi rasa kantuk saat berkendara atau menyetir mobil. Tetapi kalian jangan khawatir, di artikel ini saya dapat memberi penjelasan bagaimana cara mengatasi rasa kantuk saat berkendara atau menyetir mobil.

Penyebab kecelakaan bisa mengarah pada faktor manusia seperti rasa kantuk dan tanpa disadari mobil tidak terkendali akhirnya menabrak yang ada di depannya. Kita bisa mengatasi agar kita tidak ngantuk saat berkendara roda 4 yaitu mobil dengan cara:

1. Konsumsi minuman yang mengandung kafein
Ternyata mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh(mengandung sedikit kafein), dll. Itu bisa membantu kita agar tidak ngantuk saat menyetir mobil, terutama yang paling biasa sering di konsumsi oleh seseorang yaitu kopi hitam.

Perlu anda ketahui, kafein dapat membantu anda dapat meningkatkan daya kinerja otak anda. Jadi jika anda mengkonsumsi kafein maka otak anda bisa makin fresh dan tidak akan ngantuk lagi. Terkadang hal ini bisa saja tidak berpengaruh karena masih belum bekerja, coba anda tidur dalam waktu 15 menit saja supaya kafein dalam tubuh bisa bekerja.

2. Kalau bisa, konsumsi air mineral sebanyak mungkin
Mengkonsumsi air mineral dapat membantu anda untuk mencegah penyakit dehidrasi. Dehidrasi dapat mengakibatkan kelelahan saat anda menyetir mobil, pastikan untuk anda minum air sebanyak mungkin dan cobalah untuk makan buah buahan atau sayur sayuran yang banyak mengandung air. Karena cairan dalam tubuh anda akan normal. Usahakan untuk minum air sehari minimal sebanyak 8 gelas.

3. Bukalah jendela mobil dan hiruplah udara yang ada disekitar
Cukup untuk matikan pendingin mobil anda dan bukalah jendela mobil, hiruplah udara yang ada disekitarnya. Karena seseorang yang berada pada suhu udara dingin dapat menyejukkan mata, sedemikian itu mata kita akan terasa dingin dan akhirnya rasa kantuk akan mulai menyerang anda. Selain itu rasa kantuk juga dapat terjadi karena sirkulasi udara dalam mobil tidak baik.

4. Cukup dengan tidur selama 7-9 jam sebelum perjalanan
Tidur sangat diperlukan oleh tubuh kita, oleh karena itu sebelum anda perjalanan naik mobil, anda diperlukan untuk tidur selama 7-9 jam dan jangan terlalu sering bergadang pada malam hari. Karena itu bisa mengakibatkan badan letih, tekanan darah tinggi, konsentrasi rendah, depresi, mempengaruhi kesehatan kulit, dan masih banyak lagi. Hanya saja bergadang banyak dilakukan oleh seseorang terutama orang orang dewasa yang sering kali bergadang hingga larut malam.

5. Bergantilah sopir mobil bila anda sudah tidak kuat
Jangan paksakan diri saat anda sudah tidak kuat seperti rasa kantuk yang menyerang anda sangat luar biasa dan ini bisa dicegah dengan cara memutar posisi untuk mengganti sopir mobil. Apabila anda tidak memiliki sopir mobil yang sudah terbiasa maka yang harus anda lakukan adalah berhenti ditempat yang aman dan beristirahatlah sampai rasa kantuk anda hilang.

6. Isi perut sebelum mengemudi
Makan sangat dibutuhkan oleh seseorang, jika anda meninggalkan makan maka akan terkena penyakit maag sehingga hal ini juga akan berpengaruh saat anda menyetir mobil. Makanlah ditempat yang nyaman dan tidak ada gangguan apapun sebelum anda memulai perjalanan jauh, meskipun perjalanan juga dekat biasakan terlebih dahulu untuk makan, mungkin hal ini dapat membantu anda agar tidak ngantuk saat menyetir mobil.

7. Jangan melamun saat mengemudi
Biasanya sering kali saya melihat seseorang yang sedang menyetir mobil dan akhirnya menabrak pohon gara gara melamun, tetapi orangnya tidak terjadi apa apa. Hanya saja yang rusak mobilnya :). Yang harus saya sarankan untuk anda adalah jangan melamun saat mengemudi, ini paling sering dilakukan oleh orang yang belum terbiasa untuk menyetir mobil.

8. Usahakan jangan cuci muka saat berhenti di tempat yang aman
Mencuci muka bisa membuat anda tidak mengantuk, tetapi nantinya setelah air mengering dari muka maka akan mengakibatkan penyakit kantuk yang sangat luar biasa. Yang perlu anda lakukan hanya menghindari agar tidak mengusap atau mencuci muka dengan air. Jika anda sudah terlanjur untuk mencuci muka, maka hal yang harus anda lakukan adalah berhenti ditempat yang aman dan lakukan olahraga ringan seperti pemanasan, dll.

9. Setel musik yang dapat menyegarkan pikiran anda
Setel musik pilihan anda yang dapat menyegarkan pikiran anda seperti musik rock dan jangan memilih musik yang irama dan temponya mendayu, karena dapat membuat anda nyaman dan dapat meningkatkan rasa kantuk anda. Walaupun anda tidak memiliki musik tetap saja yang harus anda lakukan adalah menyetel radio atau yang lainnya yang dapat menghilangkan rasa kantuk saat mengemudi mobil.

Penutup...
Demikian artikel tentang Bahaya! Jangan Sampai Anda Mengantuk Saat Menyetir Mobil semoga artikel ini sepenuhnya dapat membantu anda untuk mengatasi rasa kantuk saat berkendara roda 4 seperti mobil, dan jika ada kata kata yang menyinggung perasaan anda saya mohon maaf.

1 Komentar