Akibat yang Terjadi dari Adanya Teori Relativitas Einstein

Teori Einstein???

Apa itu "Teori Einstein"? Kelihatannya terdengar sangat asing...

Yaudah sebelum saya jelaskan apa itu "Teori Einstein" mari kita cari tau apa itu arti tentang Teori.

Teori adalah sekumpulan atau serangkaian atau salah satu konsep dari penelitian yang dimiliki oleh seseorang (dan bisa dikaitkan dengan pikiran secara logis).

Biasanya teori memiliki arti yang sangat penting bagi peneliti-nya, orang orang yang ingin meneliti suatu benda harus mengetahui atau menjabarkan bagaimana benda itu bisa terjadi.

Seperti contoh: Saya ingin meneliti sebuah benda aneh yang saya temukan. Nah saya harus bisa menjabarkan bagaimana benda itu bisa dikatakan sebagai benda aneh dan saya harus bisa membuat penemuan baru.

Nah itulah yang bisa dikatakan sebagai "Teori".

Sedangkan apa itu "Teori Einstein"?

Teori Einstein adalah Teori yang dikemukakan oleh manusia ber-otak cerdas, ilmuwan fisika, jenius yaitu Albert Einstein, Teori ini muncul pada tahun 1905.

Teori ini menjelaskan bagaimana cara menginterpretasi gerak benda atau perilaku terhadap objek benda dengan kecepatan cahaya yang berbeda.

Hukum fisika tersebut sangat sekali nyata dan terus berlaku dibumi hingga seluruh jagat raya. Akibat dari adanya Teori Einstein adalah:

1. Kecepatan Relatif
Jika ada seseorang yang menyalakan lampu dengan menggunakan saklar maka lampu itu akan menyala, sebenarnya jika dilihat dari jauh maka yang paling cepat adalah lampu yang menyala itu baru terdengar bunyi saklarnya.

Seperti hal nya petir, kita melihat bahwa suaranya dulu yang paling cepat jika kita berada dibawah petir itu. Tetapi sebenarnya jika orang melihat dari jauh berjarak S maka kita akan melihat bahwa cahaya petir dulu yang terlihat baru suaranya.

Nah itulah yang dinamakan Kecepatan Relatif, jadi suatu benda itu memiliki kecepatan yang berbeda beda. Rumus fisika dari Kecepatan Relatif bisa memenuhi persamaan berikut:
Keterangan:

VAB   = Kecepatan benda A relatif terhadap kecepatan benda B  
VAO     = Kecepatan benda A relatif terhadap acuan O
VOB   = Kecepatan benda B relatif terhadap acuan O
C       = Kecepatan cahaya

2. Mengalami Dilatasi Waktu (Time Dilation)
Teori Relativitas Einstein yang kedua mengenai adanya dilatasi waktu, seperti halnya kita menempuh perjalanan keluar angkasa dan bertemu dengan makhluk asing, galaksi galaksi yang indah, dll.

Banyak orang yang berkata bahwa dilatasi waktu menyebabkan orang berusia tetap muda, apakah benar yang dikatakannya?

Memang benar sudah dibuktikan, banyak para ilmuwan yang telah menggunakan percobaan jam atom yang diterbangkan dengan menggunakan roket keluar angkasa. Tujuan dari percobaan ini adalah untuk melihat waktu dengan data lebih akurat antara waktu di bumi dan di ruang angkasa.

Dari percobaan tersebut para ilmuwan bisa mengambil kesimpulan bahwa data di ruang angkasa dengan data di bumi menunjukkan adanya perbedaan.

Misal: Seorang astronot yang menjalani misinya selama satu tahun berada di planet, sedangkan keluarganya menunggu di bumi selama satu tahun. Setelah astronot itu pulang dan yakin bahwa dia telah menjalani misinya selama satu tahun dan sampai di bumi ia terkejut waktu di bumi telah berlalu selama dua tahun dan itu selisihnya satu tahun.

Itulah bisa dikatakan sebagai Dilatasi Waktu (Time Dilation). Rumus fisika dari Dilatasi waktu dapat memenuhi persamaan berikut:
Keterangan:
t1    = Waktu yang bergerak pada benda diam
t0    = Waktu yang bergerak pada benda yang bergerak
v   = Kecepatan suatu benda bergerak
c   = Kecepatan cahaya

3. Adanya Massa dan Energi yang Relatif
Massa pada suatu benda adalah ukuran total seluruh bobot yang terjadi didalam suatu benda tersebut, sedangkan energi adalah properti fisika dari suatu objek yang menggabungkan antara massa dan benda.

Rumus fisika pada massa dan energi bisa ditentukan seperti pada gambar diatas, dimana E bisa disebut sebagai energi, m adalah massa dan c adalah kecepatan cahaya.

Persamaan yang tertera pada rumus fisika seperti gambar diatas memang menunjukkan energi yang memiliki massa dan bisa dikaitkan sebagai kecepatan cahaya, ini ada hubungannya dengan hukum kekekalan energi yang merupakan hukum pertama termodinamika.

Kesimpulan
Dari teks diatas kita bisa mengambil kesimpulan bahwa memang manusia belum ada yang dapat menembus kecepatan cahaya.

Biarpun jika ada manusia yang dapat menembusnya, maka kita tidak bisa kembali lagi di masa lalu kita, hanya masa depan yang ada dihadapan kita.

Jalani kehidupan dengan baik dan bersyukurlah bahwa Allah telah menciptakan kita sebagai umat manusia yang tidak melanggar apa yang diperintahkan oleh Allah, mending kita tidak usah mencoba untuk menembus kecepatan cahaya.

Demikian artikel dari saya mengenai Fakta yang Mengejutkan Tentang Teori Relativitas Einstein, semoga artikel ini sepenuhnya dapat membantu anda untuk mencari informasi, mohon maaf jika saya ada salah kata dalam penulisan.

4 Komentar

  1. keren banget artikelnya, sampe terlalu fokus saya membacanya.. dan baru pertama kali saya membacanya..

    ReplyDelete
  2. jadi inget sek scoll gan...tapi pastinya gak ngerti-ngerti penjelasannya...
    baru kali ini ada pemahaman yang masuk...
    thank gan...

    ReplyDelete