Vitamin D Ternyata Tidak Meningkatkan Kepadatan Tulang Anak Sehat

Kita semua tahu bahwa vitamin D sangat bermanfaat bagi tulang dan berfungsi untuk pembetukan tulang dan gigi agar lebih baik dan kuat.

Vitamin D ini adalah vitamin yang bisa di dapat dari Sinar matahari pagi, namun selain itu ada beberapa makanan yang mengandung vitamin D di dalamnya diantaranya seperti ikan tuna, tomat, biji bunga matahari, minyak ikan, brokoli, dan sayuran hijau lainnya.
Penelitian sains di bidang kesehatan menemukan bahwa selain bermanfaat untuk tulang dan gigi, ada manfaat vitamin D lainnya yang bermanfaat bagi tubuh, yaitu:

1. Menjaga kekebalan tubuh anda
karena dengan cukupnya asupan vitamin D, tubuh menjadi lebih kuat dan memiliki daya tahan baik dan dapat menolak radikal bebas dan berbagai kuman , bakteri.

2. Mencegah kanker payudara
Asupan vitamin D yang cukup ditubuh dapat menghambat penggandaan sel kanker, sehingga dapat terhindar dari kanker.

3. Meremajakan kulit Anda
Asupan vitamin D di dalam tubuh bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Terutama vitamin D2 dan D3 dapat mencegah penyebab ganguan kulit.

4. Mengobati penyakit osteomalacia dan mencegah osteoporosis pada orang lanjut usia
Yang dimaksud dengan osteomalacia merupakan penyakit yang dapat ditemui pada jaringan manusia. Penyakit ini disebabkan oleh proses pembentukan lapisan mineral pada tulang manusia tidak berfungsi dengan normal.

5. Mencegah rakhitis bagi anak-anak
Ternyata! maanfaat vitaman D juga dapat mencegah rakhitis bagi buah hati anda, dikarenakan kandungan dari makanan yang mengandung vitamin D memiliki beragam manfaat.

6. Mencegah osteoporosis pada manusia
Osteoporosis adalah penyakit tulang yang disebabkan oleh massa tulang yang rendah, maka dari itu mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D bisa mencegah penyakit osteoporosis

Vitamin D akan diproses oleh tubuh ketika mendapat sinar matahari.

Dalam penelitian sains baru oleh Cochrane Systematic Review, memberikan suplemen vitamin D pada anak-anak sehat yang memiliki tingkat normal vitamin D, tidak meningkatkan kepadatan tulang di bagian pinggul, tulang belakang, lengan bawah atau pada tubuh secara keseluruhan.

Karena proses yang benar adalah bahwa vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan, mengurangi kehilangan kalsium dari tubuh serta mendorong pengendapan kalsium ke dalam tulang.

Kepadatan tulang merupakan ukuran utama kekuatan tulang dan titik tolak pengukuran jumlah mineral yang ada pada lokasi-lokasi berbeda.

Meningkatkan kepadatan tulang anak-anak membantu melindungi mereka dari osteoporosis di usia nanti. Osteoporosis merupakan kondisi di mana tulang lemah, rapuh dan mudah patah.

Sains di bidang kesehatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Para peneliti sains meneliti untuk menemukan apakah meningkatkan kadar vitamin D pada anak-anak yang sehat akan mendorong tulang-tulang mereka untuk mendapatkan jumlah kalsium yang lebih besar.

Hasil dari penelelitian menunjukan bahwa Suplemen vitamin D secara statistik tidak memiliki efek-efek yang signifikan terhadap kepadatan tulang di semua titik pada anak yang sehat.

Namun ada beberapa indikasi bahwa anak-anak yang memiliki kadar vitamin D rendah dalam darah mungkin bisa mengambil manfaat dari suplemen tambahan.

Sehingga kelebihan vitamin D dapat dialokasikan untuk kepentingan metabolisme tubuh lainnya.

0 Komentar

Post a Comment