Antara Mitos dan Fakta, Benarkah Manusia hanya Memakai 10 Persen Otaknya?

Mitos Manusia hanya Memakai 10 Persen Otaknya – Otak merupakan organ tubuh manusia yang sangat penting keberadaanya, tanpa otak tentu manusia tidak dapat hidup dan beraktivitas mengingat di dalam otak terdapat lebih dari 100 juta sel saraf atau neouron yang berfungsi sebagai sistem penggerak dan sistem nalar pada manusia.
Sel-sel saraf yang terdapat di rongga otak juga berfungsi sebagai penyeimbang tubuh, mengkordinir gerakan, perliaku dan sifat manusia itu sendiri, karena keberagaman fungsinya maka tak heran jika otak menjadi bagian sistem Inti pada tubuh manusia.

Menariknya, sejak abad 19 lalu beredar rumor yang menyatakan bahwa manusia pada dasarnya hanya menggunakan 10% dari otaknya, pernyataan ini memang sempat membuat ahli bingung, pasalnya yang menyebutkan bahwa manusia hanya menggunakan 10% otaknya, adalah tokoh ilmuwan yang terkenal karena kecerdasannya yakni Albert Einstein.

Dari rumor tersebut lalu Benarkah manusia hanya memakai 10% kemampuan otak? Apakah hal tersebut hanya sebatas Mitos atau Fakta? Banyak anggapan dan statement dari para ahli mengenai rumor tersebut, ada yang menyatakan bahwa rumor tersebut merupakan fakta.

Namun juga ada sebagian dari ahli yang menyatakan bahwa hal tersebut hanyalah sebatas mitos, nah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai rumor manusia hanya memakai 10% kemampuan otaknya, silahkan simak penjelasan dari para ahli yang akan saya ulas di bawah ini:

Pendapat Barry Beyerstein, seorang ahli otak (Amerika serikat)
Menurut beliau lewat konferensi pers menyatakan jika memang benar manusia hanya menggunakan 10% dari otaknya, maka hal ini mengindikasikan bahwa jika tejadi berarti kerusakan terhadap wilayah tersebut tidak akan merusak performa otak.

Namun menurut penelitian yang ia lakukan menegaskan bahwa kerusakan sekecil apapun terhadap otak dapat memberikan dampak yang besar.

Oleh sebab itu beliau beranggapan jika manusia hanya memakai 10% kemampuan otak, merupakan pernyataan yang tidak berdasar dan hanyalah Mitos.

Pendapat dari Eric Chudler, Direktur Center for Sensorimonitor Neural Engineering di University of Washington, United States
Lewat penelitiannya yang ia lakukan bersama beberapa teamnya menyatakan bahwa pada dasarnya otak memiliki beberapa Otak bagian bital, yang memiliki fungsinya di masing-masing bagian.

Penelitian yang ia lakukan telah memetakan fungsi otak, dan tidak ada wilayah otak yang tak berguna.

Jadi menurut Pendapat dari Eric Chudler beranggapan jika manusia hanya memakai 10% kemampuan otak, merupakan pernyataan Albert eisntein yang tidak berdasar dan hanyalah Mitos.

Alexander Fransisco, Ahli Otak Kebangsaan Perancis
Menurut pernyataan beliau dari beberapa penelitian menyebutkan bahwa Jika 90 persen otak tidak digunakan, maka sel yang tak aktif akan ditunjukan sebagai wilayah kosong dalam radiograf otak.

Dan hal ini sangatlah mustahil mengingat semua sel otak harusnya berfungsi secara optimal, selain itu juga setiap otak seharusnya memiliki kecenderungan untuk mengalami degenerasi.

Jika 90% otak tak digunakan, otopsi otak dewasa akan mengakibatkan degenerasi berskala besar dan akan mengalami kerusakan yang parah.

Pendapat Albert Einstein, Tokoh Ilmuwan Abad 19
Beliau mengatakan lewat jurnal penelitiannya menyebutkan bahwa “Setiap orang itu jenius, tetapi jika Anda mengecap sebuah ikan akan kemampuannya dalam memanjat pohon, maka seumur hidupnya ia akan mempercayai bahwa dirinya itu bodoh.”

Nah atas dasar inilah ia menggangap bahwa manusia baru menggunakan 10% dari otaknya dan belum sekaligus.

Kesimpulan
Dari sekian banyak pendapat yang disampaikan oleh para ilmuwan, ternyata manusia tidak hanya memakai 10% otaknya melainkan lebih dari itu dan pendapat yang menyatakan manusia hanya memakai 10% otaknya itu hanyalah mitos belaka.

Jika kita hanya bisa menggunakan 10% otak, maka bisa menimbulkan dampak yang sangat besar bagi otak kita.

Demikian artikel dari saya, semoga artikel diatas dapat memberikan banyak manfaat kepada semua orang.

1 Komentar

  1. ya gan menurut ane jg itu cma mitos. Mungkin tujuannya biar kt lebih giat mengasah otak kali ya. he...Nice info gan...

    ReplyDelete