Perkembangan Virus Cerber dan Cara Mengatasinya, Sudah Terbukti!

Perkembangan Virus Cerber dan Cara Mengatasinya – Di awal tahun 2016 ini atau tepatnya di bulan september lalu masyarakat Uni Eropa dikejutkan dengan serangan virus mematikan yang menyerang Komputer mereka, virus ini dikenal dengan istilah Ransomware Cerber atau Virus cerber.

Menurut para pakar Teknologi menyatakan bahwa virus cerber ini merupakan Malware yang dibuat dengan desain yang tinggi dan disebarkan melalui Internet dan menjangkiti komputer korbannya dengan cara masuk ke aplikasi Microsoft word.
Menurut beberapa pakar Virus Ransomware Cerber ini merupakan jenis virus perusak Win32/Filecoder .Cerber yang mampu mengeknripsi semua file kompute korban baik itu database, file, gallery dan semuanya diubah dengan format eksistensi .cerber, yang lebih mengerikan lagi Virus ini meminta korbannya untuk menebus dengan sejumlah uang berkisar $300 atau $500.

Ketika korban menebus uang maka mereka mengkalim akan menawarkan decryptor yang mampu mengembalikan file mereka yang terjangkit virus cerber ini.

Namun belum ada keterangan pasti apakah benar mereka akan memberikan decryptor setelah korban menebus dengan sejumlah uang.

Menurut beberapa ahli IT virus cerber ini telah menyerang semua komputer di Wilayah Asia, Amerika dan juga Eropa.

Saya sendiri juga pernah mengalaminya, pada saat ada kiriman email yang tidak jelas kemudian saya buka ternyata kiriman itu adalah virus cerber dan akhirnya dalam waktu 10 menit komputer-ku terkena virus .cerber3, ada 3 macam ekstensi dari virus cerber ini yaitu:
  • .cerber1 (Virus ransomware yang paling mudah untuk diatasi menggunakan software decryptor)
  • .cerber2 (Virus ini merupakan virus kedua dari ransomware, virus ini juga sangat mudah untuk diatasi menggunakan tool decryptor)
  • .cerber3 (Virus ini adalah virus yang sangat sulit untuk diatasi, biasanya virus ini berasal dari email atau ada kiriman dari email yang tidak jelas terus anda buka kemudian dalam waktu 10 menit semua file akan berubah menjadi .cerber3)

Cara Mengatasi Virus Cerber Ransomware

Jika anda terjangkit virus ransomware, anda tak perlu khawatir pasalnya virus ransomware ini dapat dengan mudah diatasi dengan menggunakan beberapa tool dari Trial dari SpyHunter menyediakan deteksi ancaman komputer seperti Cerber Ransomware dan membantu dalam penghapusan untuk gratis.

Nah jika anda belum memilikinya maka sebaiknya cepat download aplikasi tersebut, nah jika sudah berikut cara menghapus Virus Cerber Ransomware dari komputer anda:

Menghapus Virus Cerber Ransomware dari Windows 7, 8, 10
  • Pertama Klik Start
  • Lalu klik Control Panel
  • Lalu klik Programs and Features
  • Kemudian unistall software ransomware

Nah jika virus ransomware tersebut sudah terhapus dari sistem operasi di komputer anda.

Maka langkah selanjutnya ialah dengan menghapus virus tersebut dari browser yang anda gunakan, jika anda menggunakan Google chrome maka cara menghapusnya adalah sebagai berikut:

Menghapus Cerber Ransomware dari Google Chrome
  • Pertama silahkan anda akses menu (pojok kanan jendela) google chorme
  • Lalu pilih fitu pengaturan
  • Pilih ekstensi yang ada di pengaturan tersebut
  • Lalu hilangkan ekstensi yang mencurigakan dari daftar dengan mengklik tong sampah di samping mereka. (namun jika anda tidak yakin exsitensi mana yang akan dibuang maka anda bisa menonatifkannya terlebih dahulu)

Nah jika cara diatas sudah dilakukan maka langkah selanjutnya ialah dengan mengakhiri kegiatan virus di komputer dan di browser anda dengan cara sebagai berikut:

  • Pertama Tekan pada ikon menu pada Google Chrome
  • Lalu klik Pengaturan
  • Kemudian "Buka halaman tertentu" atau "Mengatur halaman" di bawah "di start up" opsi dan klik pada halaman Set yang ada di Google chrome
  • Di jendela lain, silahkan anda hapus situs pencarian berbahaya dan masukkan yang ingin Anda gunakan sebagai homepage di browser Anda
  • Di bawah bagian Cari Pilih Kelola mesin pencari. Dan hapus riwayat dari situs ransonmare.
  • Selesai

Mungkin hanya itu penjelasan saya mengenai Perkembangan Virus Cerber dan Cara Mengatasinya, semoga dengan tutorial saya diatas berguna bagi pembaca sekalian, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

13 Komentar

  1. wah akhirnya udah ada yang bisa memecah ]kan kodenya :D

    ReplyDelete
  2. ngeri juga ya, btw cara pencegahannya gimana ya biar gak kena?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang sangat bahaya sekali,

      1.pencegajan pertama sobat jangan pernah sekali kali membuka email yang tidak dikenali

      2.backup data sobat secara rutin

      3. Jika ada satu virus yang memiliki ekstensi file .cerber segera dihapus jangan dibiarkan

      4.pastikan komputer sudah memiliki proteksi lebih tinggi

      5. Berhati hati dengan software dengan nama cerber.exe (ini paling penting) karena dalam waktu 5 - 10 menit saja virus sudah menular kesemua software. Jangan sampai salah klik

      Nah itulah pencegahan utama agar tidak terkena virus .cerber

      Delete
  3. info yang menarik kalo saya beli aja anti virus dari kapersky untuk mengatasi serangan virus harganya enggak mahal kok untuk lisensi 1 tahun

    ReplyDelete
  4. langsung pengen coba. Thanks infonya bermanfaat banget

    ReplyDelete
  5. Ngeri juga virusnya untung dah ada solusinya

    ReplyDelete
  6. Kalau mengatasi data yg terinfeksi cerber gmn gen.. kalau menghilangkan virusnya sdh tapi data ga bisa dibuka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mengatasi file yang terinfeksi virus cerber sendiri memang masih sangat sulit terutama untuk file yang terinfeksi .cerber3 saat ini masih belum ada decryptor untuk virus yang memiliki ekstensi .cerber3

      Delete