Berapa Sih Normalnya CTR Yang Ada Di Adsense Itu

CTR (Click Through Rate) merupakan banyaknya iklan yang diklik ataupun terklik oleh pengunjung blog kita.

Jadi, semakin besar pengunjung blog kita maka akan semakin banyak iklan yang ditampilkan sehingga memungkinkan CTR Adsense kita akan meningkat.

"Lalu berapa sih sebenarnya nilai CTR yang normal itu?"

Sebelum membahas berapa CTR yang normal, mari kita ulas terlebih dahulu hal-hal yang dapat mempengaruhi nilai CTR dari sebuah akun Google Adsense.

Karena dengan mengetahuinya kita dapat tahu seberapa nilai CTR yang normal.

Berapa Sih Normalnya CTR Adsense Itu?

Fator-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai CTR Adsense:

Ada beberapa faktor utama yang mempengaruhi harga CTR dari sebuah adsense berikut ulasan lengkapnya:

#1 Relevansi Iklan

Faktor utama dan pertama yang paling berpengaruh terhadap nilai CTR dari sebuah adsense adalah relevansi iklan yang tampil.

Maksudnya, semakin relevan atau berkaitan suatu iklan dengan sebuah isi konten dalam blog atau website kita, maka akan semakin besar nilai CTR yang akan kita dapatkan.

Tak hanya itu, adsense pun akan memberikan harga iklan yang tinggi untuk setiap kliknya dibanding dengan iklan yang terklik dalam konten yang tidak relevan.

Mengapa bisa begitu?

Logikanya seperti ini; misal ketika kamu membaca sebuah artikel tentang tempat beli domain termurah 2017 nah saat kamu asyik membaca sebuah artikel dalam sebuah blog ada beberapa iklan yang muncul dan salah satunya berisikan tentang tempat beli domain.

Apakah kamu akan mengklik iklan tersebut?

Kemungkinan besar iya. Karena iklan sangat sesuai dengan apa yang sedang kamu cari.

Sebaliknya ketika iklan yang muncul tentang Tempat Beli Mobil Murah. apakah lamu akan mengklik iklan tersebut saya rasa tidak.

Jadi, intinya semakin berkaitan iklan yang muncul dengan isi sebuah konten blog maka akan semakin besar nilai CTR dari Adsense yang kita miliki.

#2 (Niche) Jenis Blog atau Website

Faktor kedua yang mempengaruhi harga CTR yaitu niche atau jenis blog yang kita miliki.

Hal ini sangat berperan penting. Lihat saja iklan adsense yang sering kita lihat. Kebanyakan menampilkan sebuah produk yang diperjual-belikan. Ingat kata kuncinya produk.

Entah itu, handphone, mobil, baju, tempat wisata dll.

Sehingga blog yang membahas tentang sebuah produk yang benilai komersil akan memiliki jumlah CTR yang tinggi (blog tentang gadget, teknologi, dsb) jika dibandingkan dengan blog gado-gado dan berniche kurang (prospek).

Seperti blog viral; blog yang memberikan berita viral seperti tentang percintaan.

Sangat jarang Advertiser adsense yang memasang iklan yang berkaitan dengan topik tersebut sehingga memungkinkan iklan yang tampil pada blog viral kurang relevan.

#3 Posisi Iklan

Posisi iklan merupakan faktor ketiga yang mempengaruhi nilai CTR Adsense.

Semakin baik penempatan iklan adsense yang kita pasang dalam blog maka akan semakin besar harga CTR yang kita dapatkan.

Bagaimana psosisi yang tepat? Hal tersebut tergantung dari tema blog yang kita pakai, serta desain dari sebuah konten dan blog.

Perlu bebrapa riset yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan posisi iklan yang paling optimal.

#4 Pengunjung

Terakhir faktor yang mempengaruhi CTR adalah pengunjung.

Semakin awam penunjung terhadap iklan adsense maka kemungkinan iklan terklik akan semakin besar jika dibandingkan dengan pengunjung yang telah memahami iklan adsense.

Misal kamu memiliki blog yang berisi tentang dunia perbloggingan seperti Pintu-internet.com ini maka otomatis banyak pengunjung dari kalangan blogger yang sedikit banyak telah memahami iklan adsense, kemungkinan iklan yang terklik pun akan semakin kecil.

Bandingkan dengan blog yang berisikan konten resep masakan; pasti yang berkunjung ibu-ibu dan semacamnya yang saya rasa kurang memahami iklan adsense.

Sehinga jika ada iklan relevan yang tampil maka kemungkinan iklan terklik akan semakin besar.

Kesimpulan...

Setelah kita memahami 4 faktor yang mempengaruhi nilai CTR maka dapat disimpulkan bahwa nilai CTR adsense yang normal itu bervariasi dan tidak ada ketentuan ataupun rumus baku yang dapat menjelaskannya secara pasti.

Dibanyak, blog dan forum pun telah menjelaskannya. Karena kembali lagi semua itu tergantung dari jenis blog, penempatan iklan, relevansi iklan dan faktor lainnya.

Tapi, menurut saya nilai CTR yang normal itu berkisar antara 4%-7% dari total iklan yang tampil. Itu nilai CTR yang saya dan beberapa teman blogger dapatkan selama ini.

Yang penting selagi kita memakai dan mematuhi kebijakan adsense, seberapa pun nilai CTR kita maka akan tetap aman.

Semoga artikel ini membantu kalian ya. Salam Blogger!!!

5 Komentar

  1. Mas kalo CTRnya 18% itu gmna ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah itu harus diperbaiki mas karena sangat bahaya bagi akun adsensenya apalagi sudah mencapai 18%...

      Delete
    2. Ini saya punya cara paling simpel mas, yaitu hanya dengan melepas iklan adsense sampai ctr nya kembali normal. Itu bisa memperbaiki ctr sekaligus click yang berlebihan yang bisa membuat dibanned adsense...

      Delete
  2. lahh, kok punya gua ctr cuma 1% ? please bang cek blog ane, apa kesalahanya segitekno.blogspot.com

    ReplyDelete